Wiwitan Sawah Pelungguh di Bulak Tegal Onggobayan

Zulistya Adi Saputra 09 November 2020 08:37:31 WIB

Onggobayan (7/11) Gapoktan Onggomulyo mengadakan tradisi Wiwitan Sawah Pelungguh di Bulak Tegal Onggobayan. Tradisi wiwitan biasa digelar di areal persawahan yang sudah siap panen dengan dipimpin tetua di kampung tersebut yang biasa disebut 'mbah kaum'. Ritual ini digelar sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur Tuhan yang telah melimpahkan rizki kepada para petani.

Acara ini dihadiri oleh Lurah Desa Ngestiharjo Fathoni Aribowo, Ketua BPD Ngestiharjo Karip Setyaadi, Ketua PKK Ngestiharjo Witdiyanti dan anggota Gapoktan Onggomulyo. Acara dimulai dengan doa sebagai wujud rasa syukur atas panen padi dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab tentang pertanian. Acara ditutup dengan makan bersama.

Komentar atas Wiwitan Sawah Pelungguh di Bulak Tegal Onggobayan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License